Info Menarik TipsTorial

Cara Mudah Membedakan 4 Bumbu Dapur yang Mirip

Bagi seseorang yang jarang beraktivitas di dapur maka membedakan bumbu dapur yang memiliki kemiripan tentu akan menjadi suatu hal yang sulit. Jangankan membedakan, kadang mengetahui namanya saja tidak.

Untuk kamu yang kesulitan membedakan berbagai macam jenis bumbu dapur Berikut ini beberapa cara untuk membedakan bumbu dapur yang hampir sama.

Ketumbar dan Merica

Kedua jenis bumbu dapur ini adalah rempah yang paling sering digunakan untuk memasak sehari-hari sangat mirip satu sama lain. Bahkan tidak sedikit orang yang memberikan nama pada setiap toples bumbu merica dan ketumbar untuk menghindari kekeliruan dalam mengambil.

Meskipun mirip namun kegunaan dan fungsi dari masing-masing ini berbeda di setiap masakan. Untuk itu kesalahan dalam mengambil akan berdampak signifikan pada kualitas rasa masakan.

Cara membedakannya adalah biji ketumbar memiliki aroma yang lebih harum dan tidak pedas jika dibandingkan dengan lada yang memiliki aroma lebih tajam bila dicium dari dekat.

Ketumbar memiliki tekstur garis-garis sedangkan merica atau lada memiliki kulit yang kasar. Ketumbar memberikan cita rasa harum pada masakan sedangkan lada akan menambahkan rasa pedas dan juga hangat. Bila membedakan dengan cara disentuh maka lada memiliki tekstur lebih keras dibandingkan ketumbar yang bisa ditekan.

Lengkuas dan Jahe

Jahe memiliki rasa yang sedikit pedas serta memberi sensasi hangat ketika dikonsumsi. Jahe memiliki serat yang cukup lembut dan berwarna sedikit kekuning-kuningan. Mengupas kulit jahe pun tidak terlalu sulit meskipun dengan tangan.

Adapun lengkuas atau biasa dikenal dengan istilah laos mempunyai tekstur yang lebih kasar dan memiliki aroma tidak begitu kuat. Bagian daging lengkuas memiliki serat yang keras dan sulit untuk dipotong.

Jintan dan Wijen

Jintan memiliki aroma yang sangat harum dan agak manis. Warna dari jintan sedikit hitam keabu-abuan dan memiliki tekstur lebih lunak daripada wijen. Intan biasa digunakan untuk bumbu opor ataupun kari.

Sedangkan wijen berwarna putih dan memiliki tekstur lebih keras daripada jintan. Wijen adalah sumber dari minyak wijen. Adapun biji wijen biasa digunakan untuk penghias jajanan onde-onde.

Kencur dan Kunyit

Cara mudah untuk mengklasifikasikan antara kencur dan kunyit adalah dari warnanya. Warna kunyit adalah kuning dan warna kencur adalah putih. Selain warna aroma dari keduanya juga sangat khas masing-masing.

Itulah beberapa rempah dapur yang memiliki kemiripan dengan rempah dapur yang lainnya. Namun ketika kita mengetahuinya maka sebenarnya rempah satu sama lain memiliki karakteristik yang berbeda.

Untuk itu kalian tidak perlu lagi kebingungan walaupun toples bumbu yang ada di dapur tidak bertuliskan nama dari bumbu didalamnya.

Karena masing-masing rempah memiliki tekstur yang berbeda, kalian bisa memilihkan toples yang sesuai. Ragam toples yang bervariasi bisa kalian temukan di Grinn living. Di Grinn living kalian bisa memilih dan memesan toples bumbu yang sesuai dengan masing-masing bumbu dapur.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.