Apa Itu Customer Retention dan Bagaimana Cara Menerapkannya Pada Bisnis?

cara menerapkan customer retention pada bisnis

Bagi para pelaku usaha dan bisnis tentu tidak akan asing dengan customer retention dalam bisnis itu sendiri. Hal tersebut tentu sudah menjadi salah satu syarat untuk mempertahankan jalannya suatu usaha atau bisnis. Namun, apakah anda sudah benar – benar memahami dan menerapkannya dengan tepat dalam usaha atau bisnis anda?

Pengertian Customer Retention

Istilah customer retention itu sendiri dapat dipahami secara harfiah dari kata – kata yang ada di dalamnya. Jadi, maksud sederhananya adalah mempertahankan konsumen agar tidak berpindah ke pihak lain kaitannya dengan usaha atau bisnis yang dijalankan. Sudah tentu hal tersebut memunculkan potensi tersendiri jika dibandingkan dengan usaha untuk mendatangkan konsumen atau pelanggan baru.

Baca Juga: Akuisisi Pelanggan vs Retensi Pelanggan Pada Bisnis, Mana yang Lebih Baik?

Penerapan Yang Optimal Dalam Bisnis

Terlepas dari pemahaman akan konsep dari customer retention itu sendiri, penerapan customer retention jelas sangat penting. Tanpa adanya penerapan yang tepat, sangat mungkin konsumen dari bisnis anda cenderung memilih untuk berpindah ke pihak kompetitor. Lalu, bagaimana cara memaksimalkan strategi customer retention dalam bisnis?

Perihal customer retention dalam bisnis seharusnya diawali dari pemahaman bahwa setiap transaksi dengan konsumen bukan merupakan satu hal yang hanya terjadi satu kali saja. Ingat bahwa ada yang namanya repeat order dengan kecenderungan adanya peningkatan dari pesanan sebelumnya. Maka dari itu, penting untuk berinteraksi lebih lanjut dengan konsumen agar dapat lebih memaksimalkan pesanan – pesanan yang selanjutnya.

Selanjutnya, penting bagi anda untuk selalu menjadi pendengar yang baik bagi para konsumen anda. Kunci dari suatu usaha atau bisnis seringkali sebagai solusi dari masalah – masalah yang dialami oleh konsumennya. Dengan mendengarkan permasalahan konsumen tentu akan muncul kesempatan – kesempatan untuk menawarkan solusi yang tepat.

Kemudian, anda juga perlu mengedepankan loyalty rewards bagi para pelanggan anda. Hal tersebut sudah menjadi strategi yang umum untuk mempertahankan konsumen – konsumen pada suatu bisnis. Tentu ada banyak hal yang dapat anda tawarkan sebagai loyalty rewards agar konsumen anda tidak beralih ke kompetitor anda.

Terakhir, tentu saja hal – hal tersebut harus anda jalankan secara konsisten demi mendapatkan hasil yang maksimal. Tanpa adanya konsistensi, strategi apapun terkait customer retention dalam bisnis anda pada akhirnya tidak akan memberikan efek positif.

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *