Bahaya Kecanduan Gadget Pada Anak
Kesehatan Lifestyle

Simak Bahaya Kecanduan Gadget Pada Anak Yang Wajib Diwaspadai

Memberikan gadget pada anak tentu saja berpotensi untuk membuat anak kecanduan pada gadget itu sendiri. Apalagi jika sejak dini memang sudah diberikan gadget tersebut saat anak mudah menangis dan rewel, maka sudah pasti barang ini jadi kebutuhan pokok anak.

Kecanduan gadget tentu saja sangat tidak baik untuk anak, karena bisa menimbulkan efek yang cukup berbahaya apalagi jika terjadi terus-menerus. Apa saja bahaya gadget yang wajib dipahami orang tua?

Bahaya Gadget Untuk Anak

Berikut ini berbagai alasan mengapa anak-anak tidak boleh kecanduan gadget sejak dini.

Ganggu Pertumbuhan Otak Anak

Bahkan untuk anak dibawah umur 12 tahun, bahaya penggunaan gadget bisa mengganggu pertumbuhan otak anak. Seperti diketahui perkembangan otak anak dipengaruhi oleh stimulasi lingkungan. Jadi ketika stimulasi berlebihan dari gadget maka otak anak yang sedang berkembang bisa menyebabkan kelambatan pada sistem kognitif, gangguan proses belajar hingga mengakibatkan tantrum.

Bahkan gangguan lainnya bisa terjadi seperti misalnya sifat inklusif dan membuat anak jadi kurang mandiri.

Obesitas

Bahaya gadget juga bisa mengakibatkan anak mengalami yang namanya obesitas. Apalagi jika alat elektronik dipasang langsung di kamar dan bisa diakses secara pribadi jadi meningkatkan risiko obesitas hingga 30%.

Obesitas tentu saja dapat membahayakan karena beresiko untuk membuat anak terserang penyakit seperti diabetes, stroke sampai serangan jantung.

Kurang Tidur

Anak yang cenderung menggunakan gadget setiap hari bisa alami kurang tidur. Hal ini juga dapat memberikan dampak buruk pada anak karena otak berkembang dengan baik ketika tidur. Sementara anak tidak punya waktu cukup untuk tidur jadi fungsi otaknya bisa menurun.

Akses Informasi Negatif

Karena sudah dimanja dengan gadget, maka akses informasinya sudah sangat luas. Jika informasi yang diakses adalah informasi positif tentu saja masih cukup aman. Namun bagaimana jika akses informasinya lebih ke hal-hal negatif?

Satu hal yang ditakutkan adalah terjerumusnya anak sejak dini ke pergaulan bebas hingga narkoba dan konsumsi obat-obatan terlarang. Anak yang sudah terkontaminasi oleh narkoba tentu saja harus di perbaiki sejak dini dengan rehabilitasi di tempat yang tepat.

Dikutip dari Okezone, ada cukup banyak tahapan rehabilitasi narkoba mulai dari tahap pemeriksaan, hingga dibuatkan program lengkap yang sudah terintegrasi. Kemudian didukung juga dengan tim yang tersertifikasi untuk membuat seseorang pecandu bisa benar-benar lepas dari zat adiktif tersebut.

Itu tadi beberapa bahaya yang timbul bagi anak yang menggunakan gadget secara berlebihan. Peran orang tua tentu sangat dibutuhkan untuk memerangi penggunaan gadget yang berlebihan pada anak sejak dini.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *