1 Februari 2023
wisudawan universitas pertamina bicara soal sociopreneur

Pada Sabtu, (21/05) Universitas Pertamina mengadakan Wisuda ke-6 Tahun 2022. Sebanyak 326 sarjana telah lulus dari 15 program studi. Dari jumlah tersebut, sebanyak 93 wisudawan atau 28,5 persen di antaranya berhasil meraih predikat pujian atau cumlaude.

Rektor Universitas Pertamina, Prof. Ir. I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja, Ph.D., memberikan apresiasi kepada para wisudawan yang telah menuntaskan masa studi dengan baik di tengah kondisi dunia yang sedang berjuang melawan COVID-19. Tidak hanya menyelesaikan studi dengan baik, para alumni Kampus Energi juga berhasil meraih beberapa prestasi gemilang di berbagai bidang.

Salah satunya Astri Yana, wisudawan dari Program Studi Manajemen. Astri ini mempunyai ketertarikan lebih pada kegiatan sociopreneur dan meluncurkan sebuah platform sociopreneur yang diberi nama SATU. Singkatan dari kata ‘Saling Bantu’.

Astri menuturkan, aplikasi ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang memiliki barang-barang layak pakai namun yang sudah tidak digunakan. Barang tersebut nantinya akan dijual dan hasilnya didonasikan melalui peran organisasi kemasyarakatan. Melalui aplikasi SATU, donatur, pembeli dan penerima donasi bisa saling terhubung satu sama lain.

Ide bisnis dari wisudawan asal Palembang ini pernah memenangkan Gold Award di Acara International Business Idea Challenge (IBIC) yang dilaksanakan Malaysia Multimedia University pada tahun 2020 lalu.

Ketertarikan Astri Yana dengan Dunia Sociopreneur

Selain mengikuti kegiatan sosial di luar kampus, Astri juga tercatat berkontribusi aktif pada kegiatan pengabdian masyarakat yang digagas oleh pihak kampus. Melalui keaktifan di berbagai kegiatan sukarela tersebut, Astri menjadi semakin tertarik dengan sociopreneur.

Di Indonesia, industri sociopreneur telah meningkat hingga 70 persen menurut catatan British Council. Sebanyak 67 persen dari 1,388 organisasi dan unit usaha sosial yang telah disurvei, dipimpin oleh para milenials dan generasi Z dengan rentang usia antara 18 hingga 34 tahun.

Selain berprestasi di bidang akademik dan non-akademik, Astri juga merupakan salah satu mahasiswa penerima Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina selama 7 semester. Untuk Tahun Akademik 2022/2023, Universitas Pertamina telah menyiapkan beasiswa dengan total sejumlah 22,5 miliar rupiah untuk mendorong prestasi mahasiswa.

Selain program beasiswa, Kampus Teknologi Bisnis Energi juga mendorong prestasi para mahasiswanya melaluii kerja sama dengan berbagai mitra internasional. Kerja sama tersebut mencakup kolaborasi pertukaran mahasiswa, program pendek berupa internship dan summer program dan masih banyak lagi.

Untuk informasi lebih lengkapnya, silakan kunjungi situs resmi Universitas Pertamina di universitaspertamina.ac.id. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *