1 Februari 2023
ujian pasti akan menghampirimu

Grosir toko kitab online – Berbagai cobaan akan menguji kekuatan dan keteguhan iman. Secepat apapun kita berlari dan bersembunyi, ujian itu akan sampai pada satu titik di jalan yang belum kita ketahui sebelumnya. Jalan kita mengambil bentuk yang berbeda sesuai dengan ketetapan-Nya. Terkadang jalannya datar dan mulus, namun seringkali berkelok-kelok, berkerikil bahkan berduri. Allah ta’ala berfirman:

كُلُّ نَفْسٍ ذَاۤىِٕقَةُ الْمَوْتِۗ وَنَبْلُوْكُمْ بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً ۗوَاِلَيْنَا تُرْجَعُوْنَ

Setiap yang bernyawa akan merasakan kematian. Kami menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Kepada Kamilah kamu akan dikembalikan.  (QS. Al-Anbiya 21: 35).

Al-Imam Ibnu Katsir berkata bahwa “. Kami menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan” artinya Allah menguji manusia dengan musibah dan juga nikmat untuk melihat siapa hambanya yang bersyukur dan siapa yang tidak bersyukur, siapa yang sabar dan siapa yang tidak sabar, seperti yang dikatakan Ali bin Abi Thalhah dari Ibnu ‘Abbas, dia mengatakan bahwa Allah ta’ala akan menguji dengan kebaikan dan keburukan, kelapangan dan kesempitan, sehat dan sakit, kaya dan miskin, halal dan haram, ketaatan dan kemaksiatan, petunjuk dan kesesatan dan lain sebagainya.

Grosir toko kitab online hanya di alfikar.com

Jika jalan kita mudah dan mulus, bukan berarti kita tidak diuji. Ini juga merupakan ujian. Begitu juga saat jalan kita berkelok-kelok dan banyak rintangan yang kita temui. Jalan tanpa rintangan bukanlah tolak ukur keberhasilan seseorang dalam menjalani kehidupannya. Kebahagiaan juga bukan parameter dalam leksikon kehidupan. Lihatlah betapa sulit dan terjalnya jalan yang harus ditempuh para nabi dan rasul, namun mereka adalah orang-orang yang paling berbahagia. Jadi beban yang kita pikul bukanlah alasan mengapa kita terlihat sebagai orang yang paling sengsara di dunia ini. Pasti ada jalan keluar bagi orang yang bertakwa karena Allah ta’ala berfirman:

فَاِذَا بَلَغْنَ اَجَلَهُنَّ فَاَمْسِكُوْهُنَّ بِمَعْرُوْفٍ اَوْ فَارِقُوْهُنَّ بِمَعْرُوْفٍ وَّاَشْهِدُوْا ذَوَيْ عَدْلٍ مِّنْكُمْ وَاَقِيْمُوا الشَّهَادَةَ لِلّٰهِ ۗذٰلِكُمْ يُوْعَظُ بِهٖ مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ ەۗ وَمَنْ يَّتَّقِ اللّٰهَ يَجْعَلْ لَّهٗ مَخْرَجًا ۙ وَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُۗ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ ۗاِنَّ اللّٰهَ بَالِغُ اَمْرِهٖۗ قَدْ جَعَلَ اللّٰهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

Apabila mereka telah mendekati akhir idahnya, rujuklah dengan mereka secara baik atau lepaskanlah mereka secara baik dan persaksikanlah dengan dua orang saksi yang adil dari kamu dan hendaklah kamu tegakkan kesaksian itu karena Allah. Yang demikian itu dinasihatkan kepada orang-orang di antara kamu yang beriman kepada Allah dan hari akhir. Siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya. Dan menganugerahkan kepadanya rezeki dari arah yang tidak dia duga. Siapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)-nya. Sesungguhnya Allahlah yang menuntaskan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah membuat ketentuan bagi setiap sesuatu. (QS. Ath Thalaq 65: 2-3).

Kunjungi kami di Grosir toko kitab online di fikar store

Selama seseorang tetap melakukan apa yang perintahkan-Nya dan menjauhi apa yang larang-Nya, Allah Ta’ala pasti akan memberinya jalan keluar. Tidak ada jalan buntu selama kita bertakwa kepada Allah ta’ala. Allah ta’ala sendiri yang mengatakannya. Apakah ada perkataan yang lebih benar dari perkataan Pencipta alam semesta? Tentu saja tidak ada. Allah ta’ala menciptakan segala sesuatu, termasuk cobaan, maka Dialah yang paling mengetahui apa dan bagaimana jalan keluarnya. Grosir toko kitab online ada di Fikar storeGrosir toko kitab online – www.alfikar.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *